Computer, Technology, Hardware, Software, Troubleshooting, Tutorial, Server, Printer, Cisco, Network, Microtic, Laptop

Friday 27 August 2010

Kerusakan Harddisk (Continue)

Kerusakan pada harddisk bisa disebabkan karena beberapa hal antara lain penyebab yg belum sempat disebutkan ada 4 :

1. Tegangan listrik

2. Umur Harddisk dan perangkat elektronik lain pada umumnya memiliki umur pakai. khusus untuk hdd biasanya produsen mencantumkan nilai MTBF (Mean Time Between Failure) artinya menurut produsen setelah angka MTBF tercapai maka besar kemungkinan HDD mulai rusak. rata-rata MTBF untuk HDD adalah 1 juta jam, jd kalo 1 hari dipake 10 jam hitung aja sendiri berapa lama masa pakai HDD anda.

3. Suhu pemakaian yg tidak sesuai. berbeda dgn kebanyakan pendapat pemakai komputer laen yg menyatakan semakin dingin HDD semakin bagus. info yg saya dapat nyatakan bahwa kalau terlalu panas memang beresiko mempercepat kerusakan HDD TAPI kalo terlalu dingin jg tidak baik. suhu optimal untuk HDD saat beroperasi adalah antara 40 - 45 derajat celcius. kurang dari itu jg tidak baik, kelebihan sama saja.

4. Tidak ada ground pada jaringan listrik anda. walau kecil pengaruhnya tetapi dapat memperpendek umur perangkat elektronik pd umumnya terutama pada HDD dan Monitor LCD. kenapa? saya jg tidak terlalu paham, sebaiknya tanyakan kepada teknisi listrik. katanya sih karena induksi listrik yg terbentuk di perangkat karena ketiadaan ground makanya kalo dipegang jd nyetrum.
untuk menyelamatkan data selama kerusakan belum terlalu berat (artinya belum menyebabkan cacat fisik pd platter HDD) masih bisa diusahakan. pakai saja program recuva atau pc inspector smart recovery dan FreeUndelete, untuk yg gratisan atau kalau untuk yg Pro (pake bayar) banyak antara lain : O&O unerase, active file recovery, File Recovery Proffesional (disarankan), Recover My File, Window Data Recovery, Pc Inspector File Recovery, Disc Doctor Undelete dll. untuk yg pakai linux karena terlalu besar filenya tidak saya sarankan karena donlotnya luamaaa. (sekitar 400-an MB file iso-nya atau 700-an MB file aslinya)
saat recovery data banyak hal yg harus diperhatikan tapi untuk singkatnya sebaiknya hdd yg akan diselamatkan tsb dijadikan slave aja dan data yg diselamatkan sebaiknya ditulis ke hdd lain (media lainnya).

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

pasang

These Advertise Are At Your Finger Tip, Just One Needs To Dial The Mentioned Contact Number. Or can Email